Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terkait Ketinggian Gelombang, Nelayan Diminta Tetap Waspada

  • Oleh Pathur Rahman
  • 20 November 2023 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Prakirawan Cuaca dari Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya, Rahmat Alfandy memperingatkan tentang kondisi tinggi gelombang yang berpotensi rendah hingga sedang di perairan Kalimantan Tengah.

Gelombang diperkirakan memiliki ketinggian mulai dari 0,5 meter hingga 1,5 meter. Sementara suhu udara di wilayah tersebut berkisar antara 23 hingga 34 derajat celsius, dengan kelembaban udara yang berada di kisaran 55 persen hingga 100 persen.

Arus angin cenderung bertiup dari arah tenggara hingga arah barat laut, dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 20 kilometer per jam. Dengan kondisi tersebut, Alfandy menekankan perlunya kewaspadaan ekstra, terutama bagi nelayan dan pelayaran, mengingat kondisi gelombang yang dapat memengaruhi aktivitas di perairan.

"Masyarakat yang berkecimpung di sektor tersebut diimbau untuk memperhatikan perkiraan gelombang dan mempertimbangkan keamanan sebelum melaut," katanya, Senin, 20 November 2023.

Pihaknya juga mengimbau agar para pelaku usaha di sektor kelautan dapat menunda kegiatan yang berpotensi berisiko tinggi, akibat gelombang tinggi. Kemudian, mematuhi segala informasi dan peringatan dari instansi terkait.

"Dengan adanya peringatan ini, diharapkan para pelaku usaha di sektor kelautan di Kalimantan Tengah dapat menjaga keselamatan dan keamanan selama beraktivitas di perairan, serta mengambil langkah-langkah pencegahan demi mencegah risiko yang tidak diinginkan," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru