Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Seruyan Lantik 8 Pejabat Kepala Desa

  • Oleh Parnen
  • 27 April 2016 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Seruyan - Bupati Seruyan Sudarsono melantik delapan Pejabat (Pj) Kepala Desa (Kades) di tiga kecamatan, di aula Kantor Bappeda Kabupaten Seruyan, Selasa (26/4/2016).

Kedelapan kades yang dilantik dan diambil sumpah janjinya itu yakni Sudarto I. Dulah selaku Pj Kades Tumbang Darap dari Kecamatan Seruyan Hulu, Dewaldi R. Durahman Pj Kades Ringin Agung, Demes Yatio Pj Kades Sukorejo, Pilipius Pj Kades Teluk Bayur, dan  Muhammad Suhardi Pj Kades Desa Gantung Pengayuh dari Kecamatan Seruyan Tengah, sedangkan Hamidi Muda Pj Kades Suka Mulya, Gunakim Pj Kades Sandus dan Ruswanto Pj Kades Wanatirta dari Kecamatan Batu Ampar.    

Usai  pelantikan bupati mengatakan, pelantikan ini hendaknya jadi momentum yang dapat memotivasi untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab dalam rangka membawa perubahan positif untuk memajukan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  

Ia menambahkan, dalam UU No 6/2014 tentang Desa disebutkan setiap desa di seluruh Indonesia akan menerima alokasi dana dari APBN yang bersumber dari belanja pusat dengan total dana mencapa 10 persen dari dana perimbangan yang diterima kabupaten dalam APBD setelah dana aloksi khusus. Besaran disesuaikan luas wilayah, jumlah penduduk desa, dan tingkat kesulitan letak geografis.

'Pejabat kepala diharapkan mampu bekerjasama, membangun komunikasi yang harmonis dan bersinergi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, memperbaiki hubungan pemerintah desa dan BPD serta meningkatkan manajemen pemerintahan desa dalam segala aspeknya guna mewujudkan Good Gavernance di tingkat desa,' kata Sudarsono.

Ia mengingatkan, kades serta pimpinan dan anggota BPD harus mampu merangkul seluruh elemen masyarakat sebagai potensi besar pembangunan agar tidak terkotak-kotak sehingga tercipta kondisi yang mampu menumbuhkan semangat membangun desa dari seluruh lapisa masyarakat. (PARNEN/m)

Berita Terbaru