Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Hasil Pemilihan PAW Kades Telaga Baru

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 28 November 2023 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Nur Firmansyah terpilih menjadi pengganti antar waktu (PAW) Kepala desa (Kades) Telaga Baru, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Ia terpilih setelah mengantongi 68 suara. Sementara 2 calon lainnya Saipul mendapat 31 suara dan Rakhmad Sugianto memperoleh 40 suara. Perolehan suara tersebut diperoleh dari 139 pemilih terdiri dari tokoh masyarakat, RT/ RW, anggota BPD dan LPMD setempat.

PAW Kades terpilih akan dilantik bersama 76 kades hasil pilkades serentak di Kotim dan 3 PAW kades lainnya pada 11 Desember 2023.

"Semoga yang terpilih dapat melanjutkan kepemimpinan Kades yang lama dan menjaga kondisi yang ada di wilayah kita," kata Camat Mentawa Baru Ketapang Eddy Hidayat Setiadi, Selasa, 28 November 2023.

PAW Kades harus dapat berperan dalam menjaga kamtibmas terlebih dalam rangka menghadapi pesta demokrasi yang lebih besar yaitu Pileg dan Pilpres.

"Tugasnya yaitu agar roda pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik dan layanan kepada masyarakat lancar," ujar Eddy.

Sementara itu, Kepala Seksi Bina Kelembagaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotim Marslam Bernando Umar mengatakan pemilihan PAW Kades yang sempat diwarnai kekecewaan calon yang gagal maju pemilihan tersebut telah berjalan sesuai ketentuan Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2017.

"Dalam pelaksanaannya mulai dari pemerintah Desa, PJ Kades, DPD, panitia Pilkades antar waktu, sampai dengan Kecamatan selalu berkoordinasi dengan DPMD Kotim," kata Nando.

Ia memastikan nggota DPD yang ikut mencalonkan diri sudah mengundurkan diri saat mengajukan berkas. Ia pun menjelaskan proses penjaringan yang mulanya ada 7 calon, maka dilakukan seleksi tambahan agar sesuai Perbup bahwa maksimal hanya 3 calon.

"Ada tiga indikator yang digunakan yaitu usia minimal 25 tahun, pendidikan dan pengalaman kerja pada lembaga pemerintahan. Sehingga diperoleh 3 calon yang nilainya tertinggi yang ditetapkan mengikuti Pilkades antar waktu," jelasnya. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru