Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Berharap Wisata Buaya Disetujui Agar Menarik Kunjungan Wisatawan Asing

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 27 Desember 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor berharap wisata buaya yang telah ia usulkan disetujui agar menarik wisatawan asing berkunjung ke daerah ini.

"Wisata mancing buaya itu saya sudah berkeinginan membuatnya. Itu bukan mustahil asal mendapat ijin Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," kata Halikinnor, Rabu, 27 Desember 2023.

Wisata memancing buaya itu memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri dibandingkan mendaki gunung atau ke pantai.

Lanjutnya, pihaknya sudah dua kali menyurati KLHK namun belum mendapat jawaban. Tak menyerah, ia berupaya mengajukan kembali agar wisata dipertimbangkan untuk mendapat izin.

Menurutnya, ada tiga manfaat jika wisata mancing buaya dibuka di Kotim. Wisata tersebut dapat mengurangi konflik buaya dengan manusia karena buaya dikumpulkan di satu titik dan diberi makan berupa bangkai ayam.

"Kedua, kita melestarikan karena buaya dilindungi dan ketiga daya tarik wisata itu bisa mendatangkan wisatawan sehingga meningkatkan perekonomian," ujarnya.

Ia sempat berkunjung di Taman Nasional Tanjung Puting. Ia mengamati banyak wisatawan yang mayoritas wisatawan asing menunggu berjam-jam untuk melihat orang utan makan pisang dan minum susu.

"Kenapa kalau kita tidak boleh membuat wisata buaya di alam terbuka. Semoga diizinkan," imbuhnya.

Dia mengatakan, Pemkab Kotim dapat menganggarkan wisata buaya Rp200 juta untuk membeli bangkai ayam dan mendatangkan pawang buaya. Wilayah Desa Parebok juga ia persiapan agar kapal wisata bisa melaluinya.

"Ditentukan jam berapa buaya diberi makan. Sehingga wisatawan bisa menonton buaya menyambar makanannya, apalagi dipancing satu ekor ayam bayar 100 dolar," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru