Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Berharap Penambahan Maskapai di Bandara H Asan Sampit Terealisasi Memenuhi Kebutuhan Transportasi Udara yang Meningkat

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 29 Desember 2023 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor berharap penambahan maskapai di Bandara H Asan Sampit segera terealisasi untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara yang kian meningkat. 

"Salah satu PR kita yang belum selesai saat ini, mohon perhatian instansi terkait untuk menambah maskapai penerbangan di Bandara H Asan Sampit," kata Halikinnor, Jumat, 29 Desember 2023.

Sebelumnya, upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim mendatangkan TransNusa belum berjalan mulur. Pihaknya bertemu Presiden Direktur TransNusa, namun pihak TransNusa tidak bisa langsung menerbangi rute baru.

Pihak TransNusa perlu melakukan assessment 3 hingga 4 bulan. Atau menggunakan opsi kedua agar segera mengudara di Sampit dengan charter pesawat.

Ia meminta dinas terkait segera menindaklanjuti karena Kotim memiliki potensi besar dalam transportasi udara. Kotim memiliki jumlah penduduk terbesar dan penumpang di Bandara Tjilik Riwut sebesar 43 persen berasal dari daerah ini. Keberadaan perusahaan perkebunan yang mayoritas pekerjanya dari luar daerah dan perusahaan pertambangan yang akan beroperasi pada 2024 tentu menambah besar kebutuhan transportasi udara.

"Kemarin harapan kita menambah rute Sampit-Surabaya, Sampit-Semarang, Sampit-Jakarta, dan Sampit-Banjarmasin," imbuhnya.

Terkait pengembangan landasan pacu bandara, ia berharap 2024 penambahan bisa terlaksana. Pihaknya telah menyiapkan lahan dan siap memindahkan gedung PKP-PK untuk perpanjangan runaway Bandara H Asan Sampit agar pesawat berbadan besar bisa mendarat. Sehingga menambah pilihan penerbangan dan menekan tingginya harga tiket pesawat dari dan menuju Sampit. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru