Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Balai Bahasa Kalteng Sukses Gelar Lokakarya Penulisan Cerita Anak Dwibahasa

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Februari 2024 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah telah menyelenggarakan Lokakarya Penulisan Cerita Anak Dwibahasa yang diresmikan oleh Rebda Agus Prabowo, mewakili Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 19 hingga 23 Februari 2023 di Hotel Putra Kahayan Palangka Raya.

Acara ini dihadiri oleh 50 peserta yang telah lolos pada tahap seleksi dengan naskah cerita anak dwibahasa, menggunakan bahasa daerah Kalimantan Tengah dan terjemahan bahasa Indonesia. Lokakarya ini menampilkan narasumber berkualitas, antara lain Pak Ali Muakhir, penulis nasional, yang membawakan materi Teknik Menulis Cerita untuk Anak. Ibu Inayah Nur Syar, penulis dan dosen IAIN Palangka Raya, memberikan materi Pembuatan Storyboard atau Papan Cerita. Ai Gumiar, Widyabasa Ahli Pertama, menyampaikan materi EYD Edisi V. Kemudian, Pak Offeny Ibrahim, seorang budayawan, menyajikan materi tentang Unsur Budaya dalam Penulisan Cerita Anak.

Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah menyampaikan kegembiraannya atas antusiasme peserta dan kualitas naskah cerita yang dihasilkan, sekaligus permohonan maaf karena tidak dapat turut hadir di dalam kegiatan.

"Ini merupakan langkah positif dalam melestarikan bahasa daerah dan mengembangkan literasi anak-anak," ujar Rebda Agus Prabowo yang mewakili Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain mendapatkan materi, peserta juga diberikan sesi diskusi dan konsultasi bersama tim KKLP Penerjemahan yakni Rensi Sisilda, Septiana Delaseniati, dan Lida Karyani.

"Diharapkan, melalui kegiatan ini, cerita anak dwibahasa yang bermuatan lokal dapat semakin berkembang dan menjadi warisan budaya yang bernilai tinggi. Balai Bahasa Kalimantan Tengah berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan serupa demi peningkatan kualitas literasi anak-anak di daerah ini," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru