Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Edy Pratowo: Posisi KORMI Sejajar dengan KONI

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Februari 2024 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo menyampaikan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) memiliki posisi yang setara dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

“KORMI sudah sejajar, sederajat posisi maupun kedudukannya dengan KONI,” sebut Edy saat menyampaikan sambutan gubernur Kalteng dalam Musprov KORMI Kalteng di Palangka Raya, Kamis, 29 Februari 2024.

Edy menyebut, pembeda keduanya ada dalam sisi tugas, KORMI bergerak di Bidang Olahraga Masyarakat sedangkan KONI di Bidang Olahraga Prestasi.

Sejalan dengan ada berbagi Tugas dan Kewenangan antara KORMI dan KONI, dengan telah terbitnya Undang-Undang Nomor: 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan, maka KORMI berubah sebutannya Menjadi Komite Olahraga Masyarakat Indonesia.

Sebagai informasi KORMI adalah lembaga yang menaungi berbagai induk olahraga (Inorga) rekreasi di Indonesia.

Olahraga rekreasi adalah salah satu jenis olahraga yang diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Dalam UU tersebut, sistem keolahragaan nasional dibagi menjadi olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Atlet olahraga rekreasi sering disebut sebagai pegiat olahraga.

KORMI juga diklaim sebagai anggota TAFISA, organisasi internasional yang menyebarluaskan gerakan Sport for All di dunia yang bertujuan agar olahraga dilakukan oleh semua orang dari segala usia dan tingkatan ekonomi. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru