Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lestarikan Olahraga Tradisional dalam Pembelajaran P5 Kurikulum Merdeka Belajar

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 07 Maret 2024 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - SMA 3 Negeri Pangkalan Bun merupakan salah satu sekolah yang menerapkan program olahraga tradisional dalam pembelajaran P5 Kurikulum Merdeka Belajar. 

Program in terus dikembangkan, seperti salah satunya pada Kamis, 7 Maret 2024. Pihak sekolah mengadakan lomba Bagasing (Gasing) antar-kelas X atau diikuti 350 peserta didik, berlangsung di Taman Kota, Bundaran Pancasila. 

"Kegiatan P5 yang di dalamnya ada muatan lokal, jadi P5 di kami (SMA 3 Negeri Pangkalan Bun) khusus mengangkat olahraga tradisional. Kita angkat secara bertahap pertama gasing, logo, sumpit, enggrang dan katapel. 5 poin itu," kata salah satu Guru Penggerak, Adut.

Menurutnya, permainan tradisional saat ini perlu dilestarikan kepada generasi penerus selanjutnya. "Memasukkan program olahraga tradisional ke dalam P5 ini agar permainan tradisional yang merupakan budaya kita, tidak punah. Sehingga perlu kita lestarikan lewat P5 ini," tuturnya. 

Pak Adut - sapaan akbrabnya juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan sangat membantu pihak sekolah dalam menemukan anak-anak yang berbakat di bidang olahraga tradisional. Selanjutnya, bisa bersaing mengikuti kompetensi tingkat provinsi hingga nasional.

"Kami angkat ke Marunting Batu Aji, kalau bisa ke Isen Mulang," tandasnya. (NURITA/Y)

Berita Terbaru