Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polda Kalteng Nyatakan Video Nata De Coco Berisi Plastik Hoaks

  • Oleh Pathur Rahman
  • 17 Maret 2024 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Beredar video viral yang menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat mengenai keamanan konsumsi nata de coco.

Video tersebut memperlihatkan seorang pria yang mendemonstrasikan nata de coco dan mengklaim bahwa produk tersebut mengandung plastik. Namun, klaim ini telah dibantah oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Ketua Tim Virtual Police Bidhumas Polda Kalteng Ipda Shamsuddin  menyampaikan, menurut laman resmi BPOM, nata de coco merupakan produk yang aman dikonsumsi dan tidak mengandung plastik.

"Nata de coco terbuat dari fermentasi air kelapa yang menghasilkan jutaan benang serat tipis atau selulosa, yang juga dikenal sebagai serat pangan atau dietary fiber," ungkapnya, Minggu, 17 Maret 2024.

Ketika nata de coco ditekan, cairan di dalamnya akan keluar dan menyisakan benang-benang serat yang tampak seperti lembaran tipis. Lembaran tipis ini sering keliru dianggap sebagai plastik, namun sebenarnya merupakan serat alami yang aman untuk dikonsumsi.

Pria yang akrab di sapa Cak Sam ini menegaskan bahwa informasi mengenai nata de coco yang berbahaya adalah tidak benar dan merupakan hoaks, faktanya hingga saat ini nata de coco aman dikonsumsi.

"Masyarakat diimbau untuk tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak berdasar dan selalu memeriksa kebenaran informasi sebelum membagikannya," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru