Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satpol PP Imbau Pemilik Warung Makan Hargai Warga yang Menjalankan Puasa Ramadan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Maret 2024 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kasatpol PP Ristanto Pratomo mengingatkan agar pelaku usaha tersebut tetap menghargai umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa dengan tidak menjajakan makanan atau minuman secara terbuka.

"Sejak awal puasa kami sudah mengimbau bagi penjual makanan maupun minuman untuk tidak mengganggu orang yang berpuasa dengan memperlihatkan sajian makanan secara terbuka," kata Ristanto melalui Kabid Trantibumlinmas Satpol PP, Rendra, Rabu, 20 Maret 2024.

Rendra kemudian menyarankan agar pelaku usaha yang tetap berjualan makanan dan minuman selama Ramadan memasang penutup atau tirai penutup di depan rumah makan, warung atau kedai sehingga tidak terlihat langsung dari jalan.

"Sampai saat ini kalau ada rumah makan atau warung yang terang-terangan menjual makanan dan minuman kami lakukan upaya persuasif dan humanis untuk memberikan pemahaman dan teguran agar dapat memasang penutup dan menghargai warga lain yang sedang menjalankan ibadah puasa," terangnya.

Meski demikian, Rendra menegaskan apabila masih terang-terangan menjual makanan dan minuman, maka petugas Satpol PP bartim akan menindak sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan cara melakukan penertiban terhadap pelaku usaha tersebut. 

Kabid Trantibumlinmas juga menyampaikan bahwa selama bulan Ramadan pihaknya tetap aktif melakukan patroli siang dan malam untuk menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat sehingga umat Islam dapat menjalankan ibadah dengan tenang.

"Selama bulan puasa ini Satpol PP aktif dan terus melakukan patroli untuk memastikan Trantibumlinmas (ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat) di masyarakat tetap terjaga, baik pengawasan pedagang, THM (tempat hiburan malam), tempat berkumpulnya anak-anak muda, dan lainnya.," ujar Rendra. (BOLE MALO/Y)

Berita Terbaru