Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSPO BUMDes Berkah Mulya Jaya Didukung PT SSMS Tbk dan PT Ecogreen

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Maret 2024 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur BUMDes Berkah Mulya Jaya, Desa Mekar Mulya, Choirul Fuadi mengatakan bahwa dalam perjalanan mendapatkan sertifikat RSPO, tidak luput dari dukungan kedua pendamping yakni PT SSMS Tbk dan PT Ecogreen.

"BUMDes BMJ pertama kali menerima sertifikat RSPO di ajang internasional Roundtable Conference RSPO di Jakarta, tahun 2023 lalu," kata Choirul dalam keterangan resminya pada Jumat, 22 Maret 2024.

Choirul menargetkan BUMDes BMJ akan mengajak lebih banyak lagi pekebun untuk bergabung dalam gerakan pengelolaan kebun berkelanjutan.

"Pada tahun 2024, akan ada penambahan sebanyak 328 pekebun dengan potensi luasan kebun sawit 966,35 hektar yang akan mengikuti sertifikasi," kata Choirul lagi.

Sementara itu, Manager Sustainability PT SSMS Tbk, Andri Nadjiburahman disela kegiatan pembagian insentif menjelaskan bahwa insentif yang diterima pekebun ini hanya sebagai bonus tambahan saja.

"Manfaat langsung yang sudah dirasakan pekebun adalah saat panen sawit produksinya meningkat," kata Andri dalam rilis yang sama.

Adanya sertifikasi RSPO ini, lanjut Andri, mengajarkan para pekebun untuk menerapkan praktek pengelolaan kebun terbaik hingga hasil produksinya lebih maksimal, paling tidak mendekati yang dihasilkan perusahaan.

Lebih lanjut, Andri mengatakan bahwa SSMS akan kembali menginisiasi kerjasama dengan Ecogreen untuk mendampingi dan mensupport pekebun BUMDes BMJ dalam program sertifikasi RSPO.

"Tidak hanya untuk tahun pertama saja, namun untuk tahun-tahun berikutnya hingga BUMDEs bisa secara mandiri menjalankan program sertifikasi RSPO, baik dari lingkup organisasi maupun pekebunnya," tuturnya.

Untuk diketahui Pekebun Swadaya Binaan PT SSMS Tbk dan PT Ecogreen di Kabupaten Lamandau, BUMDes Berkah Mulya Jaya, Desa Mekar Mulya berhasil mendapatkan insentif Rp762 juta dari penjualan kredit Roundtable Sustainable Palm Oil atau RSPO. Kredit mereka dibeli oleh buyer internasional yaitu Unilever dan Nestle. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru