Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Revitalisasi Pesisir Pantai Perlu Digencarkan

  • Oleh Donny Damara
  • 16 April 2024 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Jubair Arifin mengatakan revitalisasi wilayah pesisir pantai baik itu laut maupun sungai perlu di gencarkan khususnya di Bumi Tambun Bungai ini.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan guna meminimalisir bencana seperti halnya abrasi atau erosi, sebab hal itu sering kali terjadi dan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan masyarakat yang bermukim disekitarnya.

"Ada sejumlah pesisir pantai yang mengalami kerusakan di wilayah Kalteng ini baik itu laut maupun sungai, itu perlu untuk diperhatikan, terlebih lagi yang dekat dengan pemukiman masyarakat," ucapnya, Selasa, 16 April 2024.

Dalam upaya memgegncarkan program revitalisasi ini, Jubair menyarankan agar pihak-pihak lainnya diikutsertakan seperti halnya swasta maupun masyarakat, sehingga bisa dilakukan dengan maksimal.

"Dengan kerja sama maka, program revitalisasi ini akan berjalan dengan maksimal, oleh karenanya pemda harus dapat menjalin sinergitas itu dan bersama-sama menjalankan program tersebut," tuturnya.

Selain itu, ia pun menyarankan selain menggencarkan program revitalisasi, pemda juga agar dapat merelokasi pemukiman warga yang rawan terjadi bencana abrasi guna menghindari dampak berkepanjangan.

"Daerah rawan bencana abrasi baik di pesisir pantai laut maupun sungai itu perlu didata, dan warga yang tinggal harus direlokasi, sehingga dampak dari bencana bisa dihindari, an masyarakat pun harus siap ketika hendak direlokasi," pungkasnya. (DONNY D/R)


TAGS:

Berita Terbaru