Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Maksimalkan Sumberdaya Petani untuk Pertanian Terintegrasi

  • Oleh Norhasanah
  • 18 April 2024 - 23:00 WIB

BORNEONEWS,Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara akan maksimalkan sumberdaya petani di Bumi Gawi Barinjam dalam mengusung konsep pertanian terintegrasi.

“Konsep pertanian yang akan kita usung dalam pertanian adalah terintegrasi. Pertanian terintegrasi yang dimaksud adalah pertanian yang kita kelola dari hulu sampai kehilir dengan semangat Gawi Barinjam,” ucap Pejabat Bupati Sukamara, Kaspinor pada acara syukuran panen padi di Desa Sungai Pasir. Kamis, 18 Oktober 2024.

Menurutnya untuk mengusung konsep ini, pihaknya akan memaksimalkan sumber daya petani yang didukung oleh pemerintah Kabupaten Sukamara serta stakeholder terkait seperti Dinas PUPRPRKP, Diskeptan, Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan, BUMD serta sektor lainnya.

“Pertanian terintegrasi ini adalah pola pertanian yang saling mendukung antara satu komoditi dengan komoditi lainnya,” ujarnya.

Melalui melalui konsep pertanian terintegrasi pendapatan petani bisa bertambah dengan memanfaatkan komoditi lainnya yang ditanam atau dikelola secara bersamaan dalam satuan lahan petani.

“Kita mengharapkan dengan pertanian terintegrasi ini berbagai masalah petani dapat kita atasi sehingga pertanian kita maju petani sejahtera,” tukas Kaspinor. (NORHASANAH/R)


TAGS:

Berita Terbaru