Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

143 Jemaah Calon Haji Barito Utara Ikuti Bimbingan Manasik Haji 1445 Hijriah

  • Oleh Ramadani
  • 18 April 2024 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Sebanyak 143 Jemaah Calon Haji Kabupaten Barito Utara mengikuti kegiatan manasik haji 1445 Hijriah tahun 2024, untuk tingkat Kecamatan di aula Bappedalitbang Muara Teweh, Kamis 18 April 2024. 

Kegiatan manasik haji dibuka secara resmi Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Barito Utara, H Abdul Majid Rahimi. 

“Kegiatan manasik haji untuk tingkat Kecamatan ini ada beberapa tujuan pelaksanaannya. Dimana kegiatan ini dilaksanakan pada 18-25 April 2024,” kata H Abdul Majid Rahimi.

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan manasik haji ini yaitu untuk memberikan Informasi agar mengetahui apa saja yang harus dilakukan para calon jamaah haji baik diperjalanan maupun selama menunaikan ibadah haji serta sebagai penyesuaian dalam segala hal yang akan digunakan selama menunaikan ibadah haji.

“Karena kegiatan ini sangat penting diikuti oleh calon jamaah haji dan nanti pada saat pelaksanaan ibadah haji semua calon jamaah haji sudah memahami apa-apa yang harus dilakukan," ucapnya.

Sementara Ketua Panitia kegiatan bimbingan manasik haji Kabupaten Barito Utara, Amir Hadi menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan manasik haji ini dalam rangka memberikan bekal pengetahuan manasik haji bagi calon jamaah haji Barito Utara.

Dijelaskannya, kegiatan bimbingan manasik haji ini dilaksanakan secara massal, yang mana merupakan salah satu amanah yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

"Pemerintah berkewajiban menyiapkan dan melaksanakan bimbingan manasik haji bagi para jemaah calon haji,” kata dia.

Diungkapkannya, dengan adanya kegiatan bimbingan manasik haji ini diharapkan para jamaah calon haji dapat memperoleh pengetahuan manasik haji secara maksimal, sehingga nantinya dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan tata cara manasik haji yang benar, menuju tercapainya haji mabrur yang diridhoi Allah SWT.

“Dalam kegiatan manasik haji ini diikuti 143 terdiri dari 61 orang laki-laki dan 82 orang perempuan. Dan diprioritaskan lanjut usia serta cadangan,” imbuhnya.

Manasik haji tingkat kecamatan ini diikuti calon jamaah haji per kecamatan yaitu untuk Kecamatan Teweh Tengah sebanyak 78 orang, Kecamatan Teweh Selatan sebanyak 19 orang, Kecamatan Lahei sebanyak 15 orang, Kecamatan Montallat sebanyak 10 orang, Kecamatan Teweh Baru sebanyak 8 orang, Kecamatan Gunung Timang sebanyak 6 orang, Kecamatan Lahei Barat sebanyak 5 orang,  dan Kecamatan Gunung Purei sebanyak 2 orang.

Sedangkan untuk pelaksanaan manasik haji dilaksanakan di Masjid Shirathal Raya Mustaqim Muara Teweh sedangkan untuk teori dilaksanakan di aula BappedaLitbang Muara Teweh.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara, Pariadi menerangkan untuk kesehatan seluruh calon jamaah haji Barito Utara yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun 1445 Hijriah tahun 2024 telah di uji dengan selektif di RSUD Muara Teweh, dan dinyatakan telah memenuhi syarat keberangkatan.

Berita Terbaru