Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Warga Rusak Akibat Tertimpa Longsor

  • Oleh ANTARA
  • 19 April 2024 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Mamuju - Satu rumah warga di Dusun Lemo, Desa Saluassing Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) akibat tertimpa tanah longsor.

Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulbar, Yasir Fattah di Mamuju, Kamis, mengatakan longsor terjadi di Dusun Lemo, Desa Saluassing, Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa sekitar pukul 23.00 wita (17/4), setelah hujan deras melanda wilayah itu.

Ia mengatakan, salah satu rumah warga, yakni milik Yusuf telah tertimpa longsor tersebut, sehingga mengalami kerusakan.

BPBD Sulbar dan BPBD Kabupaten Mamasa, telah melakukan koordinasi untuk dapat membantu warga yang rumahnya rusak tersebut.

Menurut dia, selain merusak rumah warga, longsor juga telah menimpa jalan poros di Desa Salumokanan Kecamatan Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa.

"Dinas PUPR Sulbar telah menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor yang menutup jalan tersebut, agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat," katanya.

Ia meminta agar masyarakat tetap mewaspadai bencana banjir dan longsor di Mamasa dengan mengikuti informasi BMKG serta mengikuti tindakan evaluasi dan pencegahan yang telah disarankan pemerintah untuk meminimalisasi dampak bencana.

"BPBD Sulbar akan meningkatkan upaya pencegahan dengan menyebarkan peringatan dini kepada masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk media sosial dan pesan singkat mewaspadai cuaca ekstrem, yang dapat mengakibatkan bencana," katanya.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan menjadi kerja sama dengan seluruh lembaga pemerintah di Sulbar dan seluruh kabupaten agar dapat melakukan respons yang cepat dan efisien melindungi dan membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

ANTARA

Berita Terbaru