Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Normalisasi Sungai Baamang Telah Sampai di Muara

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 19 April 2024 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Normalisasi atau pengerukan Sungai Baamang menggunakan ekskavator amfibi telah mencapai muara dan diperkirakan segera selesai. 

"Saat ini pengerukan masih berlangsung di muara, estimasi 1-2 hari ini selesai," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Mentana Dhinar Tistama, Jumat, 19 April 2024.

Ekskavator amfibi mulai mengeruk Sungai Baamang sejak November 2023. Alat berat tersebut menyusuri sungai sepanjang 6.854 meter selama kurang lebih 5 bulan.

Lanjutnya, alat berat tersebut saat ini terpantau di Jalan Baamang I, Kelurahan Baamang Hulu. Pergeseran ekskavator amfibi ke muara sungai Baamang berlangsung sejak kemarin dan akan terus melakukan pengerukan sedimen sungai di muara. 

Pengerukan atau normalisasi Sungai Baamang merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim mengatasi banjir di wilayah perkotaan.

Normalisasi Sungai Baamang hanya sebagian kecil penanganan banjir di wilayah perkotaan yang disebabkan topografi rendah dan pengaruh pasang surut sungai Mentaya. 

"Setiap kegiatan akan di evaluasi tentunya. Rencana setelah selesai di Sungai Baamang akan dilanjutkan ke Sungai Mentawa Kecamatan Mentawa Baru Ketapang," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru