Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gaungkan Semangat Kartini, UKMK Batik Sawit BPDPKS Libatkan 50 Pembatik Perempuan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 April 2024 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hari Kartini selalu menjadi pengingat perjuangan RA Kartini dalam menyetarakan derajat perempuan di Indonesia. Kartini bukan hanya dikenal sebagai pahlawan emansipasi perempuan, tetapi juga sebagai perempuan yang memperkenalkan batik pada zamannya.

Perjuangan RA Kartini telah menjadi inspirasi bagi pelaku UKMK Batik Sawit Binaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Miftahudin Nur Ihsan, untuk terus memberikan kontribusi melalui pemberdayaan Ibu-Ibu pembatik.

Melalui usaha yang dirintis bersama istrinya, Dinar Indah Lufita Sari, dengan brand Sm-art Batik atau CV. Smart Batik Indonesia, Ihsan mencoba menggandeng puluhan ibu-ibu pembatik di wilayah Jogja dan Jawa Tengah.

Saat ini Sm-art Batik telah melibatkan 56 pembatik, dimana 53 pembatik merupakan Ibu-Ibu di pedesaan dengan rata-rata pendidikan SD dan SMP. Jumlah ini meningkat pesat dari sewaktu Sm-art Batik belum menjadi mitra binaan BPDPKS.

Sebelumnya, jumlah pembatik yang terlibat di Sm-art Batik hanya 20 orang. Ihsan menjelaskan, kebahagiaan terbesarnya adalah ketika dapat melihat Sm-art Batik mampu berkontribusi untuk banyak orang.

"Saya sangat bersyukur dapat berjumpa dengan BPDPKS dan ikut mengembangkan industri batik berbasis sawit. Dari sini, saya semakin bahagia, karena saat ini Sm-art Batik bisa menjadi perantara rejeki untuk lebih banyak pembatik. Utamanya, tentu saja Ibu-Ibu, dari hasil membatik bisa untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mengisi waktu luang mereka dengan hal yang positif," ujar lulusan terbaik jurusan Entrepreneurship program MBA UGM tersebut.

Sementara itu, Kepala Divisi UKMK BPDPKS, Helmi Muhansah, juga sangat mengapresiasi progres yang ditunjukkan oleh Sm-art Batik.

"Sm-art Batik dapat menjadi salah satu contoh baik untuk UKMK-UKMK Sawit BPDPKS. Dari awal kelihatan sangat bersemangat dan terus menunjukkan inovasi-inovasi, baik dari produk, motif, maupun proses produksi. Kami berharap, nantinya semakin banyak UKMK-UKMK Sawit yang berkembang dan mampu menjadi inspirasi untuk UKM lainnya," kata Helmi.(TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru