Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelatihan Podes Untuk Menyediakan Data Pendukung Perencanaan Sensus Ekonomi 2026

  • Oleh Ramadani
  • 27 April 2024 - 22:11 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barito Utara, Ahmad Nasrullah mengatakan pendataan Potensi Desa (Podes) bertujuan untuk menyediakan data yang dapat mendukung perencanaan kegiatan Sensus Ekonomi 2026, sebagai sarana untuk updating Master File Desa (MFD).

Hal tersebut dikatakan Kepala BPS Barito Utara Ahmad Nasrullah pada saat membuka kegiatan pelatihan Potensi Desa (Podes) yang diikuti 28 petugas lapangan yang akan melakukan pendataan, Sabtu 27 April 2024 di Hotel GH Senyiur Syariah Muara Teweh. 

Tujuan dari pendataan Podes ini menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa/kelurahan yang meliputi sosial, ekonomi, sarana, dan prasarana wilayah.

“Serta menyediakan data bagi keperluan updating klasifikasi/tipologi desa, sebagai sumber data pemutakhiran peta wilayah kerja statistik. Menyediakan data pokok bagi penyusunan statistik wilayah kecil (small area statistics). Menyediakan data bagi penyusunan berbagai analisis seperti identifikasi dan penentuan desa tertinggal, variabel konteks dalam PMT, identifikasi desa rawan bencana, dan identifikasi desa yang mempunyai kesulitan geografis. Menyediakan data bagi penghitungan indikator-indikator pembangunan/ kemajuan desa,” kata Nasrullah.

Ia juga mengatakan pengiriman instrumen dan bahan ajar sebelum pelatihan dilaksanakan dan petugas Podes diwajibkan melakukan pembelajaran mandiri (MOOC). Bahan ajar terdiri dari power point dan video. 

Selain itu, jelasnya, petugas Podes diminta menuliskan hal-hal yang belum dipahami (termasuk konsep definisi) serta melakukan instalasi aplikasi CAPI pada saat MOOC. Akan dilaksanakan pre-test, post-test, tugas asynchronous, dan pendalaman pada saat pelatihan.

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini juga yaitu dalam rangka menyamakan persepsi tentang konsep dan definisi operasional dari variabel-variabel yang akan dikumpulkan dalam kuesioner Podes 2024. 

“Para peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 28 peserta terdiri dari Inda atau Instruktur Daerah 1 orang, PML Desa sebanyak 5 orang, pencacah Podes Desa sebanyak 15 orang dan pencacah Podes Kecamatan sebanyak 9 orang,” kata Nasrullah.

Dalam pelatihan petugas Podes tahun 2024 tersebut, BPS Kabupaten Barito Utara narasumber berasal dari Jogyakarta yaitu Instruktur Daerah, Victoria Intan Vagusantyasari, S.Tr.Stat.(RAMADHANI/R) 


TAGS:

Berita Terbaru