Wonderful Indonesia
 
Sabtu, 10 Desember 2016
 

 
Wonderful Indonesia

Katingan Mendapat Bantuan 57 Traktor Tangan

 
 
 Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Katingan Hendri Nuhan (kaos putih) didampingi sekretarisnya, Bino saat mengecek kelengkapan puluhan traktor tangan di halaman kantornya, Jumat (27/5/2016). BORNEONEWS/ABDUL GOFUR

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Katingan Hendri Nuhan (kaos putih) didampingi sekretarisnya, Bino saat mengecek kelengkapan puluhan traktor tangan di halaman kantornya, Jumat (27/5/2016). BORNEONEWS/ABDUL GOFUR

BorneoNews

BORNEONEWS, Kasongan - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Katingan mendapatkan bantuan berupa traktor tangan (hand tracor) dari pemerintah pusat. Ini untuk mempermudah dalam pengelolaan sawah yang hendak ditanami tanaman pertanian, seperti padi.

"Iya kita tahun ini mendapatkan bantuan sebanyak 45 traktor tangan untuk membajak sawah, dan 12 traktor lainnya, khusus untuk menanam bibitnya," sebut Kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Katingan Hendri Nuhan, Jumat (27/5)/2016.

Bantuan traktor tersebut, kata dia, adalah bagian dari program cetak sawah di daerahnya yang sudah mulai berjalan sebulan terakhir ini.

"Jadi traktor tersebut akan dibagikan untuk sejumlah kelompok tani di empat wilayah kecamatan yang mendapatkan program cetak sawah tahun ini," katanya.

Selain Kecamatan Katingan Tengah, traktor tangan itu bakal dibagikan kepada kelompok tani wilayah Kecamatan Pulau Malan, dan Kecamatan Mendawai serta Kecamatan Katingan Kuala.

Namun demikian, kata mantan Sekretaris BLH Katingan ini, sebanyak 45 traktor tangan itu masih tidak sebanding dengan jumlah luasan lahan cetak sawah itu.

Untuk satu kelompok tani saja areal cetak sawah yang ada bisa mencapai seluas 100 hektar. Sedangkan satu desa rata-rata lebih dari lima kelompok tani.

"Kalau berbicara kekurangan, jelas 45 unit traktor tangan ini tidak sebanding dengan luasan areal cetak sawah yang mencapai 5.000 hektare," katanya.

Untuk itu Hendri mengimbau kepada kelompok tani atau desa yang masih belum mendapatkan bantuan traktor itu agar bersabar sambil menunggu program lagi tahun depan.

"Rencananya dalam waktu dekat traktor tangan ini akan kita bagikan kepada masing-masing kelompok tani yang mendapatkannya, yaitu secara simbolis nanti rencananya akan diserahkan oleh Pak Bupati Ahmad Yantenglie," imbuh Hendri. (ABDUL GOFUR/m)


 

BERITA POPULER

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top