Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kobar Tanggapi Gagasan Semua Agama Nikah di KUA

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 30 April 2024 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai tempat sentral pelayanan keagamaan bagi semua agama. Hal tersebut diungkapkan pertama kali oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat Rapat Kerja Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam pada Jumat, 23 Februari 2024 lalu.

Kemudian, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Mulyono menyampaikan, bahwa pelayanan semua agama di KUA baru sebatas rencana atau ide dari Menteri Agama Republik Indonesia.

"Kita yang berada di bawah kementerian agama tentu apapun kebijakannya akan kita ikuti, tinggal bagaimana kita mengkondisikan, menyesuaikan pelaksanaan di lapangan agar tidak menjadi masalah," katanya, Selasa, 30 April 2024.

Menurutnya, menjadikan KUA sebagai tempat pelayanan keagamaan bagi semua agama adalah suatu program yang baik sebagaimana kantor yang membantu administrasi semua agama tanpa terkecuali.

"Hanya pencatatan administrasinya melalui Kantor Urusan Agama, selama ini pernikahan misalkan nasrani tidak pernah ada catatannya di KUA, adanya di Kantor Catatan Sipil, dan Kementerian Agama tidak tahu catatannya," tuturnya.

Sehingga jika gagasan tersebut menjadi program yang harus dijalankan oleh seluruh warga Indonesia, maka Kemenag Kabupaten Kobar akan siap membantu masyarakat sesuai prosedur dan peraturan yang ditetapkan. (NURITA/H) 

Berita Terbaru