Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasar Ramadan Tingkatkan Kecintaan pada Kuliner Khas Daerah

  • Oleh Norhasanah
  • 07 Juni 2016 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pasar Ramadan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kuliner khas daerah. Dengan semangat itu, Pemerintah Kabupaten Sukamara kembali menyelenggarakan pasar wadai untuk berjualan bagi pedagang kecil, selain memudahkan bagi masyarakat mendapatkan jajan berbuka puasa serta meningkatkan kecintaan terhadap kuliner khas daerah.

'Produk-produk yang diperdagangkan kiranya dapat meningkatkan kecintaan terhadap kuliner, khususnya kuliner khas daerah. Pemerintah daerah selalu berusaha meningkatkan penyelenggaraan acara pasar Ramadan ini setiap tahun,' ujar Bupati Sukamara, Ahmad Dirman saat membuka Pasar Ramadan 2016, yang berlokasi di halaman Pasar Inpres Sukamara, Senin, kemarin.

Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Nuni Ludia Ahmad Dirman memotong pita tanda dibukanya pasar wadai selama bulan puasa 1437 Hijriyah itu, didampingi Bupati Katingan, dan sejumlah pejabat. Kegiatan Pasar Ramadan ini merupakan agenda rutin dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan 1437 H.

Pasar Ramadan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah bagi umat muslim dalam hal menyiapkan menu berbuka puasa, termasuk juga mengakomodasi para pedagang khususnya para pelaku UKM meski tidak seluruhnya terakomodasi karena keterbatasan tempat.

'Kepada para pedagang saya menghimbau agar selalu menjaga kebersihan dan ketertiban di lingkungan pasar Ramadan ini,' ucap Ahmad Dirman.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Pertambangan dan Energi Sukamara, Harapan Wahai mengatakan panitia menyediakan sebanyak puluhan lapak bagi pedagang yang berjualan di pasar Ramadan 2016 tersebut dengan mengganti biaya retribusi.

'Mereka yang berjualan ini dikenakan retribusi selama satu bulan dan akan dimasukan sebagai pendapatan daerah. Ada sebanyak 38 pedagang yang disediakan lapak berjualan' ujar Kepala Disperindagkoptamben Sukamarea, Harapan Wahai. (MG-13/N).

Berita Terbaru