Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Barito Selatan Uji Coba Aplikasi Silon Pilkada 2017

  • Oleh Uriutu
  • 17 Juni 2016 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Komisi Pemilihan Umum Barito Selatan (KPU Barsel), melaksanakan uji coba aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017, di Aula KPU setempat, Jumat (17/6/2016). Uji coba ini dilaksanakan berdasarkan surat KPU-RI No 316/KPU/IV/2016 bahwa seluruh KPU se-Indonesia yang menggelar pilkada serentak 2017 melaksanakan uji coba Silon.

'Kegiatan ini merupakan uji coba sistem online yang dibuat oleh KPU RI terkait pencalonan bupati dan wakil bupati baik perseorangan maupun pencalonan dari partai politik,' kata Komisioner KPU Barsel, Gazali Rahman kepada Borneonews, di sela kegiatan.

Dari ujicoba yang dilaksanakan akan diketahui apakah sistem yang dibuat KPU-RI ini bisa dilaksanakan dengan baik atau ada kendala. Baik itu kendala pada prosesnya atau sistemnya. Dari sini lah, lanjut dia, pihaknya bisa melihat kelemahan dan juga kelebihan dari aplikasi sistem informasi pencalonan ini. 'Dengan begitu pada saat tahapan pencalonan tidak ada kendala lagi dan siap dilaksanakan dengan baik.'

Gazali Rahman membeberkan, saat pendaftaran pencalonan berbasis online ini nantinya ada beberapa alur kerja yang harus dilakukan. Pasangan calon baik dari parpol meminta username dan pasword kepada KPUD. Kemudian mengisi data ke Sistem Informasi Pencalonan.  Setelah itu baru paslon melakukan pendaftaran dengan simulasi penyerahan dokumen.  

Untuk pasangan calon perseorangan juga sama seperti paslon parpol, hanya setelah mengisi data profil mereka harus mengupload dukungan yang sudah tersusun rapi. Setelah semua itu pada tahapan selanjutnya, kata Gazali Rahman, KPU menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati. (URIUTU DJAPER/N).

'

Berita Terbaru