Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Heboh, Sukamara Dilanda Gempa!

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 Juni 2016 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Barat - Kabar terjadinya gempa berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, Jumat (23/6/2016) pagi menimbulkan kehebohan. Bahkan kehebohan tersebut sampai ke kabupaten tetangga yaitu Kotawaringin Barat (Kobar)

Pasalnya, walau berdasarkan warning yang di sampaikan di webste BMKG gempa tak berpotensi tsunami, namun akibat status Blackberry Messenger (BBM) yang ditulis oleh keluarga dan rekan mereka di Kabupaten Sukamara, tentang kejadian tersebut dan kemudian disampaikan lagi di berbagai grup BBM dan Whats App maka, kabar terjadinya peristiwa tersebut.

Seperti yang dilakukan Agus salah warga Kelurahan Mendawai Pangkalan Bun. Ketika ia sedang iseng memantau timeline BBM update, ia terperanjat melihat salah satu status bbm yang tertulis.

"Saya coba menanyakan langsung hal ini kepada teman yang berada di Sukamara. Namun hingga kini masih belum ada jawaban," ujarnya.

Namun setelah ia menanyakan hal ini dalam forum grup chatting BBM dan WA, akhirnya ia memperoleh jawaban.

"Ternyata benar, karena ada teman yang langsung mengecek di website BMKG. Info tersebut memang ditulis dengan jelas," jelasnya

Terpisah kepala BMKG Pangkalan Bun Lukman Soleh saat dihubungi mengiyakan saat ditanyakan kebenaran peristiwa tersebut.

"Untuk data lainnya masih dalam proses update. Namun dari data sementara, gempa terjadi pada pukul 07.41 WIB. Lokasi gempa yakni di 2.77 LS dan 110.09 BT, " jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan informasi dari berbagai pihak di BMKG, kedalaman gempa berada di 10 Km di bawah permukaan laut.

"Sedangkan pusat gempa berada di 128 kilometer barat daya Kabupaten Sukamara, 141 kilometer barat daya Kabupaten Ketapang Kalbar,  153 kilometer barat daya Kabupaten Lamandau Kalteng, 315 kilometer sisi tenggara Pontianak, dan 523 kilometer sisi timur laut Jakarta," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/m)


TAGS:

Berita Terbaru