Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pernikahan Adat Dihadiri 50 Turis Mancanegara

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 23 Juli 2016 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pernikahan Adat Dayak anak Profesor Birute Galdikas, di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), dihadiri 50 turis mancanegera, Sabtu (23/7/2016).

Acara yang dimulai dengan penyambutan para tamu undangan dengan potong pantan dan tari-tarian ini juga diwarnai suguhan minuman khas Dayak tuak kepada para tamu dari mancanegara.

Profesor Birute Galdikas mengatakan kepada puluhan warga asing dari Amerika Serikat dan Philipina sengaja datang untuk menyaksikan salah satu budaya adat Dayak yang dekade belakangan hanpir tidak pernah dilaksanakan. Ia menyayangkan bahwa budaya yang seharusnya dilestarikan dan dipertahankan sebagai budaya leluhur kini hampir-hampir tidak pernah dilaksanakan.

" Dulu tahun 1971 saat saya datang budaya ini masih hidup dan berkembang. Tuak, arak, kopi dan rokok disertai iringan gamelan bisa membuat orang trush (kesurupan)," kata Birute.

Selain disuguhi berbagai tradisi penyambutan tamu adat Dayak Tomun, juga berbagai tarian dari adat melayu juga disuguhkan dalam pesta ngunduh mantu ini. (KOKO SULISTYO/m)

Berita Terbaru