Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angkat Sembilan Motif Batik Khas Lamandau Yang Sudah Punya Hak Paten

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 27 Agustus 2016 - 10:37 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik -  Persiapan Festival Babukung di Kota Nanga Bulik Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, semakin matang.  Salah satu poin pentingnya, festival itu bertujuan mengangkat batik khas Lamandau.  Seperti diketahui, Lamandau telah mendaftarkan sembilan motif batik khas daerah itu di Kementerian Hukum danHAM.

Pematangan acara festival itu berlangsung tadi, Jumat malam (27/8/2016)  di Kantor  Bupati Lamandau.  Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Lamandau Marukan.  Berbagai persiapan dibahas, mulai dari persyaratan bagi peserta, susunan acara, tata tertib, pakaian peserta,  cindera mata, juga dibahas.

Untuk pelengkap, sambungnya, peserta atau penari  Babukung juga akan dilengkapi sejumlah aksesoris, seperti kerincingan yang digunakan di pergelangan tangan kiri, serta bambu khas penari babukung di tangan kanan, serta sejumlah pelengkap lainnya.

Seperti diketahui, pada 2015 Lamandau secara resmi mendaftarkan sedikitnya sembilan motif batik sebagai hasil kekayaan intelektual masyarakat Lamandau. Semuanya kini telah resmi tercatat dan mendapat hak paten dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) RI.

Ke-9 motif Batik Khas Lamandau tersebut meliputi Motif Poti Tiga Anyaman, Pemucu Robung, Pemata Punai, Buah Tabiku, Mata Kail, Kora Becampung, Karibang Barunsu, Bigi Paria dan Anyaman Batang Padi. (HENDI NURFALAH/*)

Berita Terbaru