Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gunung Mas Mantapkan Kawasan Minapolitan

  • 02 September 2016 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas) telah menyusun masterplan kawasan minapolitan, melibatkan berbagai instansi. Antara lain, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas PU, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Pertanian dan Perkebunan dan bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya. Tujuannya, menumbuhkembangkan pusat pertumbuhan ekonomi baru berbasis perikanan.

'Kemudian mewujudkan tata ruang ideal antara kota dengan desa yang saling mendukung, melengkapi dan memperkuat. Menumbuh kembangkan lembaga-lembaga ekonomi perikanan di pedesaan  dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat melalui kegiatan-kegiatan ekonomi berbasis ari bisnis perikanan,' ujar Sekretaris Bappeda Gumas, Elisa, mewakili Kepala Bappeda Gumas, Untung, saat seminar hasil masterplan kawasan minapolitan di Aula Kantor Bappeda Gumas, Jumat (2/9/2016) pagi.

Dia menyampaikan, sasaran dari masterplan kawasan minapolitan adalah tersosialisasinya pengertian, kebijakan dan program pembangunan kawasan minapolitan di Kabupaten Gumas. kepada masyarakat, pemerintah dan pelaku usaha. Serta terwujudnya masterplan kawasan minapolitan yang penyusunannya melibatkan segenap pemangku kepentingan, kusunya masyarakat yang berada di kawasan minapolitan.

'Terwujudnya ketersediaan sarana dan prasarana di kawasan minapolitan, terutama dalam hal sub system usaha perikanan, sub sistem pengolahan hasil, sub sistem pemasaran dan sub sistem kesejahteraan sosial,' terang dia.

Ditempatkan sama, Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Gumas Nirwan I Bahat menyatakan, Pemkab Gumas sangat menyambut baik upaya penyusunan masterplan kawasan minapolitan. Sehingga nantinya bisa membawa dampak positif untuk masyarakat di kabupaten bermoto bumi habangkalan penyang karuhei tatau.

Dekan Fakultas Pertanian Unpar Cakra Birawa menambahkan, bila masterplan kawasan minapolitan di Gumas berjalan seperti yang diharapkan. Maka akan membawa dampak yang sangat baik untuk peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Gumas. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru