Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nila Riwut Mendapat Medali dari Gerdayak

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 11 September 2016 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Anak Pahlawan Nasional asal Kalimantan Tengah (Kalteng) Tjilik Riwut yang juga mantan Gubernur Kalteng, mendapat medali penghargan dari Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Kalimantan Tengah. Adalah Nila Riwut, sang penerima penghargaan tersebut.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di tengah acara Musyawarah Daerah (Musda) II Dewan Adat Dayak (DAD) di Gedung Betang Hapakat Jalan RTA Milono Km 4 Palangka  Raya, Sabtu (10/9). Penghargaan yang disematkan adalah 'Medali Pejuang Dayak'.

Pemberi penghargaan, Ketua Gerdayak Yansen Binti mengatakan Nila Riwut sangat pantas diberikan medali tersebut. Mengingat jasa-jasanya dalam melestarikan budaya dayak baik di Kalteng maupun di luar Kalteng. Bahkan lebih ke bentuk sebuah penghormatan, bukan sekedar penghargaan.

'Pemberian penghargaan kepada Nila riwut sebagai Medali Pejuang Dayak dari Gerdayak. Dasarnya, ada banyak sekali karya dan perhatian beliau demi mengangkat harkat dan martabat warga dayak,' kata Yansen Binti.

Karya dan perhatian Nila, menurut Yansen, antara lain, kepedulian Nila terhadap kehidupan masyarakat adat Dayak dari dulu hingga masa sekarang. Catatan dan karya seni yang isinya menuturkan cerita mengangkat harkat martabat dayak, perjuangan Dayak, sangat banyak ditelurkan putri Tjilik Riwut ini.

'Dari tulisan, perilaku keseharian, kiprahnya dalam memajukan generasi muda Dayak di kancah lokal dan nasional, dan semua kepedulian itu tanpa pamrih. Itu yang ingin kita tekankan dan hormati,' pungkasnya.

(ROZIKIN/m)

Berita Terbaru