Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rp400 Miliar Bantu Pembangunan Jalan Pangkalan Bun-Kolam

  • Oleh Cecep Herdi
  • 02 Oktober 2016 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kobar  - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Pusat, pada 2017 akan menggelontorkan Rp400 miliar untuk pembangunan jalan Pangkalan Bun - Kolam, pembangunan jembatan layang fly over sepanjang 4 kilometer. Selain untuk mengguyur proyek jalan penghubung Kobar, Kabupaten Lamandau dan Sukamara itu, dana Rp400 miliar juga akan digunakan untuk peningkatan jalan poros kecamatan di Arut Utara.

"Kobar akan mendapat dana sharing dari pusat dan provinsi sebanyak Rp400 miliar, selain untuk jalan kolam termasuk fly over juga untuk jalan di kecamatan Arut Utara," ujar Bupati Kobar, Bambang Purwanto, Kamis (29/9/2016).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kobar, Agus Yuwono mengatakan pelaksanaan teknis proyek tersebut nantinya ada di provinsi dari dana yang dikucurkan itu. Namun, Pemkab Kobar juga tetap akan mengeluarkan anggaran untuk pembangunan ruas-ruas jalan tersebut.

"Berapa panjang jalan yang akan ditingkatkan di Arut Utara itu yang tahu pemerintah provinsi, namun Pemkab juga tetap mendukung dengan anggaran yang ada karena ruas jalan itu panjang," kata Agus Yuwono, Jumat (30/9/2016).

Ia menerangkan, untuk anggaran peningakatan jalan dari pemkab Kobar sendiri baru akan dibahas di rapat anggaran tahun depan. "Berapa totalnya kan nanti dalam pembahasan," katanya.

Untuk peningkatan kondisi jalan Pangkalan Bun - Kolam sendiri saat ini, Pemkab mendukung dengan melibatkan perusahaan swasta. "Tahun ini untuk peningkatan jalan itu kan anggarannya sudah tidak ada, menyiasatinya dengan melibatkan perusahaan swasta untuk membantu peningkatan jalan," terang Agus.

Sementara itu, kini jalan Pangkalan Bun - Kolam kembali rusak. Rusaknya jalan tersebut karena dilewati oleh kendaraan yang bertonase melebihi kapasitas kekuatan jalan. "Kami himbau kepada masyarakat yang melewati jalan Pangkalan Bun - Kolam jangan membawa muatan melebihi kapasitas, jalan itu kekuatannya maksimal hanya 6 ton," pinta Agus Yuwono.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menghembuskan kabar gembira untuk pembangunan jalan dan fly over di ruas jalan Pangkalan Bun - Kolam. "Kami telah memperjuangkan kucuran dana dari pusat untuk pembangunan jalan itu. Kekurangannya akan kami tambah melalui APBD Provinsi, totalnya sekitar Rp400 miliar," ungkap Sugianto Sabran saat berkunjung ke Pangkalan Bun baru-baru ini. (CECEP HERDI/N).

Berita Terbaru