Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasuma Samad, Putra Pejuang Kalteng Berpulang

  • Oleh M. Habibullah
  • 04 Oktober 2016 - 12:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kasuma Samad, putra pejuang Kalimantan Tengah, Adonis Samad, telah berpulang, Sabtu (1/10/2016) pukul 05.45 WIB, di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Jenazahnya dimakamkan di Tempat Pemakanan Umum (TPU) Kristen, Jalan Tjilik Riwut KM 12 , Palangka Raya. dihadiri tokoh  Dayak Kalteng seperti Yansen Binti dan Tambi Indu Lawit.

Kasuma pernah menjabat sebagai kepala Syah Bandar ( kini menjadi Pelabuhan Mentaya) di Sampit, Kotawaringin Barat. Ia meniti karir bersama kakaknya, Killat Samad yang pernah menjabat  Asisten II di Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

'Kami atas nama keluarga besar Kasuma Samad mengucapakan terima kasih atas partisipasi seluruh keluarga dan handai taulan, serta pihak lain,' ungkap Guntur, menantu Kasuma Samad, Selasa (4/10/2016). 

Mungkin banyak yang tidak mengenal sosok pejuang Kalteng, Adonis Samad, ayahanda Kasuma Samad. Dia ikut perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia di wilayah Kalimantan Tengah. Pada 10 November 1961, Adonis Samad mendapatkan penghargaan tertinggi dari Panglima tertinggi angkatan perang Republik Indonesia, Ir. Soekarno (Presiden RI).

Dalam piagam penghargaan tersebut dituliskan, Adonis Samad merupakan eks pejuang penjajahan Belanda dengan pangkat tertinggi Letnan Dua, dengan jabatan eks penjajah kemerdekaan NN 1001 Divisi IV. Putra dari Williem Anton Samad itu disebut sebagai pejuang gerilya membela Negara.

Adonis Samad yang pernah menjabat sebagai wedana di Murung Raya itu memiliki lima anak. Yakni Killat Samad, Intan Samad, Manyang Samad, Nami Hana Samad dan Kasuma Samad. Kini, anak pejuang tersebut telah tiada. Untuk mengenang jasa Adonis Sama dan orang tuanya Williem Anton Samad, Pemerintah Provinsi Kalteng telah menganugerahkan kedua nama tersebut pada jalan di Palangka Raya, seperti jalan Adonis Samad yang menuju Bandara Tjilik Riwut dan Jalan Williem AS, jalan penghubung antara jalan RTA Milono dengan G Obos.

Tidak hanya itu, dalam pemekaran kabupaten di Barito Timur, disebut Deklarasi Karang Langit, nama A Samad yang diyakini sebagai Adonis Samad, merupakan pencetus Deklarasi Karang Langit yang bertujuan sebagai cikal bakal Kabupaten Barito Timur. (HABIBULLAH/Mg3/N).

Berita Terbaru