Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menembus Jalan Berlumpur Maliku-Bantanan, Warga Patungan Beli Galam

  • Oleh James Donny
  • 01 November 2016 - 15:07 WIB

BORNEONEWS, Pulang pisau -- Berbagai upaya dilakukan oleh warga dan para pengguna jalan Maliku-Bantanan yang hingga saat ini masih sulit terakses. Diantaranya dengan melakukan patungan untuk membeli galam oleh warga dan pengguna jalan yang memiliki kendaraan roda empat, agar kendaraan tidak mengalami amblas pada saat berada di titik yang rusak. 'Selain warga ada juga pengguna jalan dari perusahaan yang membantu untuk membuka akses secara darurat tersebut,' kata Rudi salah seorang warga pengguna jalan.

Dia mengatakan ruas jalan Maliku-Bantanan yang berada di kilometer 27 dan 28, sangat parah.  'Susah dilalui padahal warga  sangat berharap jalan ini cepat diperbaiki, karena ini menjadi  akses utama satu-satunya yang menghubungkan Kecamatan Sebangau Kuala dengan daerah lainnya,' katanya. Masalah infrastruktur jalan ini kata dia benar-benar harus ditanggapi serius oleh pemerintah daerah Pulang Pisau.

Camat Sebangau Kuala, Herman Wibowo mengatakan hal yang sama jika akses jalan menuju Kecamatan Sebangau Kuala kondisinya rusak parah. 'Ya demikianlah kondisnya, ' kata Herman. Dia mengatakan masyarakat dan pengguna jalan juga berupaya melakukan upaya agar kendaraannya bisa lewat. Pada saat musim hujan seperti ini kata dia jalan tersebut sangat sulit untuk dilalui kendaraan.

 'Kondisi yang seperti ini yang dikeluhkan warga kalau sudah musim hujan, dan warga terpaksa memilih jalur sungai dengan perahu dan kelotok,' katanya.

Dia mengatakan banyak kondisi infrastruktur di Kecamatan Sebangau Kuala yang memerlukan pembenahan. Diantanya jalan dari pelabuhan penyebrangan menuju pasar kecamatan yang kondisinya sudah sangat rusak. Masyarakat sangat berharap jalan ini bisa segera direalisasikan sehingga akses warga desa di wilayah Sebangau kuala akan semakin lancar.

'Kalau kita berbicara untuk jangka panjang, tentu ini menjadi harapan semua warga sebangau agar berbagai usaha dan roda ekonomi di sana bisa semakin meningkat seiring dengan peningkatan prasarana jalan dan jembatan yang,' ujar Herman. Demikian juga kata Herman pada saat kunjungan reses DPRD Pulang Pisau, mobil Wakil Ketua DPRD H Idham, harus terjebak jalan berlumpur di ruas jalan tersebut, dan beberapa kali mengalami amblas. (DY/*)

Berita Terbaru