Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hamdhani Salurkan Belasan Alsintan kepada Kelompok Tani Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 November 2016 - 16:25 WIB

BORNEONEWS, Lamandau - Anggota Komisi IV DPR RI, H. Hamdhani menyalurkan belasan alsintan berbagai jenis untuk kelompok tani di Lamandau, Sabtu (12/11/2016). Didampingi Wakil Bupati Lamandau, H Sugiyarto, dan Kadistanakan Lamandau, anggota Dewan dari daerah pemilihan Kalteng itu, menyerahkan 17 handtractor roda 2. lalu  2 buah traktor roda 4, mesin tanam dan sejumlah alat dan mesin pertanian (Alsintan) lainnya.

Bersama Wabup H. Sugiyarto,dan  Kadistanakan Lamandau H. Sunarto, serta sejumlah pejabat lainnya, Hamdhani mengunjungi lokasi pembukaan lahan pesawahan yang digagas Pemkab Lamandau melalui Kelompok Tani Haur Kuning, Desa Bakonsu, kecamatan Lamandau.

Sembari berdialog dengan kelompok tani, aparat desa setempat, Hamdhani tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya, pasalnya kedatangannya tersebut bersamaan dengan prosesi pembukaan lahan pesawahan permanen dan tanam padi perdana secara bersama di lahan seluas 15 haktare dari total lahan seluas 36 hektare yang diperuntukkan bagi lahan pertanian di desa tersebut.

Kegiatan tersebut juga disandingkan dengan kegiatan peningkatan sistem insentif dan disentif bagi petani tahun anggaran 2016. "Pembukaan lahan pesawahan di desa Bakonsu ini adalah bukti nyata dari kesungguhan masyarakat setempat dan pemkab Lamandau untuk mengamankan lahan untuk tanaman pangan ditengah kian menyusutnya lahan dan ladang pertanian akibat tidak terbendungnya perluasan perkembunan kelapa sawit," katanya.

Hamdhani mengaku sangat mengapresiasi semua pihak yang memikirkan kepentingan masyarakat (petani). Selebihnya, Hamdani juga berjanji akan terus memperhatikan para petani untuk terus bertani dengan terus mengupayakan pemberian berbagai hal mulai dari alsintan, bibit hingga pupuk. Dengan catatan, para petani terus bekerja keras dan konsisten bertani dan memanfaatkan lahan pertanian yang ada.

Seperti diketahui, luasan lahan untuk pesawahan seluas 36 hektare tersebut semula merupakan lahan yang masuk dalam HGU perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Pilar, yang pada akhirnya atas permintaan Pemkab dan masyarakat lahan tersebut dilepaskan dan diserahkan kepada pemerintah daerah Lamandau yang diperuntukkan sebagai lahan pertanian masyarakat setempat yang sifatnya permanen.

Wakil Bupati Lamandau,  H Sugiyarto, juga mengaku, pemkab dan masyarakat Lamandau patut bersyukur atas adanya wakil di DPR RI yakni H. Hamdhani, dengan segala upayanya membantu daerah. Menurutnya, tidak dapat dipungkiri, bantuan pemerintah pusat kepada daerah Lamandau khususnya dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir senantiasa lebih mudah mengalir dan lebih mulus karena perhatian serius anggota DPR RI dari Partai NasDem itu.

"Karena kebijakan dipemerintah pusat senantiasa dikawal oleh beliau (H. Hamdani), terbukti dalam dua tahun terakhir saja belasan poktan di Lamandau akhirnya mendapatkan aneka bentuk bantuan, baik berupa alsintan ataupun jenis bantuan yang lainnya. Padahal sebelumnya dirasakan sangat sukar," kata dia.

Lebih dari itu, Wabup juga mengimbau agar masyarakat di Desa Bakonsu khusunya, senantiasa serius dan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini petugas penyuluh disatanakan Lamndau. Dengan harapan, program penggarapan lahan pertanian tersebut berlangsung dan on progres.

"Bapak ibu sekalian, kita ketahui bahwa lahan pertanian ini memang masih belum berbentuk layaknya sawah pada umumnya, masih banyak tunggul kayu dan lain sebagainya. Tapi jangan menyerah, pemkab siap mendampingi, sumber airnya kan tidak jauh, kita buat irigasi yang baik. Yang penting niatnya kita luruskan bersama, jangan sampai lahan yang sudah kita perjuangkan ini tidak bermanfaat dan akgirnya menjadi kebun sawit," kata dia.

Mewakili para petani, ketua Poktan Haur Kuning Desa Bakonsu,  Dalmius Dengan, mengaku bahwa dirinya dan masyarakat di desanya telah berjanji dan berkomitmen untuk siap menggarap lahan pertanian untuk aneka tanaman pangan dan palawija.

"Jangan ragu, latar belakang masyarakat kami adalah petani, pokoknya lahan ini akan kita jaga sampai kapanpun, untuk lahan pertanian di desa kami. Karena adanya lahan pertanian ini adalah mimpi kami masyarakat selama ini," katanya semangat. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru