Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Pariwisata di Kotawaringin Lama tak Berkembang karena Terkendala Akses Jalan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 14 November 2016 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat menyimpan potensi pariwisata unggulan. Namu keterbatasan infrastruktur jalan Pangkalan Bun-Kolam menyebabkan sektor pariwisata tak berkembang.

"Kami sudah sejak lama menginginkan akses jalan Kolam bagus dan nyaman untuk dilalui sehingga transportasi menjadi lancar, dengan begitu banyak sektor yang terdampak khususnya pariwisata," kata Hj. Yayung, warga Kolam.

Saat ini di Kecamatan Kolam masih berdiri situs bersejarah yang menjadi cikal bakal Kerajaan Kutawaringin, yakni istana Alnursari. Keberadaan istana tersebut seharusnya mampu menyedot wisatawan, baik domestik maupun mancanegara sehingga berpotensi menjadi pendapatan daerah. Selain Istana Alnursari di Kecamatan Kolam juga terdapat makam Kyai Gede. 

Dengan kondisi infrastruktur yang belum memadai saja sudah banyak yang datang dari berbagai daerah untuk berziarah sehingga dengan potensi tersebut seharusnya pemerintah mempermudah akses menuju Kolam.

"Kita berharap agar potensi yang ada seperti Istana Alnursari dan makam Kyai Gede dapat terpelihara dengan baik sehingga obyek wisata yang menjadi ikon di Kecamatan Kolam lebih dikenal luas," kata Yusran.

Menanggapi hal itu, Calon Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah mengatakan bahwa jalan Kolam akan menjadi prioritas ke depannya untuk segera dilakukan perbaikan. Hal ini selaras dengan dukungan dari Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran yang bakal menggelontorkan dana pada tahun 2017 sebanyak Rp400 miliar melalui dana provinsi dan pusat.

Nurhidayah berkeyakinan bahwa dengan akses jalan yang memadai maka objek wisata dengan sendirinya akan mengalami peningkatan jumlah pengunjung dan kedepannya tentu saja pasangan Nurani akan lebih memperhatikan pengembangan objek wisata serta peningkatan UMKM demi kesejahteraan masyarakat.

"Infrastruktur yang memadai tentu akan menaikan jumlah wisatawan yang datang mengunjungi objek wisata dan masyarakat pun akan kita dorong dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui peningkatan UMKM karena dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan maka akan berimbas pada sektor usaha ekonomi masyarakat," kata  Nurhidayah saat melakukan pertemuan dengan warga di Kecamatan Kotawaringin Lama. (KOKO SULISTYO/m)

Berita Terbaru