Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disperkanak Palangka Raya Telah Miliki Klinik Hewan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 November 2016 - 08:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perikanan dan Peternakan (Disperkanak) Kota Palangka Raya kini telah memiliki Klinik Hewan. Klinik ini berada tepat di samping kantor Disperkanak Kota Palangka Raya, Jalan Rajawali VII yang juga dikelola oleh pemerintah.

Seperti diketahui, selama ini perawatan dan pengobatan hewan hanya bisa dilakukan di dokter hewan praktik. Sementara jika dikelola oleh pemerintah tentu biayanya akan lebih miring.

Diwawancarai terkait hal tersebut Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), Disperkanak Sugiyanto membenarkan hal tersebut. Menurutnya, klinik ini baru selesai dibangun pada kisaran Juli-Agustus 2016 ini.

"Klinik sudah operasional mulai tahun ini. Gedung kliniknya baru selesai Juli-Agustus dan September kemarin sudah mulai operasional," jelas Sugiyanto kepada Borneo News di ruang kerjanya, Senin (14/11/2016) 

Meski dikatakan telah operasional, Sugiyanto mengakui bahwa peralatan yang disediakan masih terbatas dan belum lengkap sehingga pelayanan yang diberikan pun masih cukup terbatas.

"Ini peralatannya belum lengkap. Jadi sementara ini hanya melayani untuk vaksinasi dan pengobatan. Yang pasti kan kalau selama ini anjing-anjing kalau ke sini langsung dibawa masuk ke kantor Disperkanak, divaksin di kantor. Nah sekarang karena sudah ada klinik jadi langsung diarahkan ke sebelah," pungkasnya.

Pengelolanya, lanjut Sugiyanto, dipegang langsung oleh pemerintah daerah karenanya telah tersedia dokter hewan dan para tenaga medisnya.

"Jadi kalau nanti ada pasien datang kita sudah siap semua. Sementara kita pelayanannya hanya pengobatan dan vaksinasi. Kalau untuk kegiatan misalnya salon, grooming atau penitipan hewan memang belum bisa karena masih belum lengkap juga ini peralatannya. Tarifnya juga belum kita tentukan, kalau untuk vaksinasi kan masih kita gratis saja, untuk pelayanan saja. Kalau pengobatan sementara ini terserah mereka yang bertugas," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru