Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disperindagsar Kotawaringin Timur Siapkan 1.200 Paket Sembako Murah

  • Oleh Rafiuddin
  • 06 Desember 2016 - 12:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Kotawaringin Timur siapkan 1.200 paket sembako murah untuk operasi pasar jelang hari natal dan tahun baru di tiga kecamatan di daerah itu.

'Kami rencanakan pasar murah ini dilaksanakan di tiga kecamatan dilaksanakan mulai tanggal 13 Desember, yakni Kecamatan Cempaga tepatnya di Desa Luwuk Bunter, Kotabesi di Kelurahan Kotabesi dan Kecamatan Telawang,' kata Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindagsar Kotim, Rihard Siregar, Selasa (6/12/2016).

Pasar murah selalu disambut antusias masyarakat karena harga barang kebutuhan pokok yang dijual lebih murah dibanding di pasar. Itu karena pemerintah membantu melalui subsidi sehingga warga bisa membeli dengan harga di bawah dari harga pasaran.

'Barang yang dijual berupa beras 10 kilogram, gula dua kg, miyak goring dua liter, sirup dua botol, dan mie instan empat bungkus,' jelas Rihard.

Diungkapkan Rihard, operasi pasar atau pasar murah jelang natal dan tahun baru tahun ini. Disperindagsar hanya menyediakan 1.200 paket sembako murah. Setiap kecamatan akan dijatah 400 paket.  

Banyak kecamatan yang meminta pasar murah digelar di kecamatan mereka. Namun karena dana terbatas maka pasar murah digelar sesuai kemampuan dan dilakukan bergantian dengan melihat momen hari besar serta kondisi masyarakat.

Pasar murah diprioritaskan untuk masyarakat kurang mampu. Harapannya agar masyarakat terbantu, setidaknya dari barang kebutuhan pokok yang dijual dengan harga murah tersebut.

'Harga yang ditawarkan ini adalah harga subsidi pemerintah daerah. Kalau harga pasaran sekitar Rp200 ribu. Jadi disbusidi pemerintah daerah Rp60 ribu. Kita jual Rp140 ribu saja,' ujarnya.

Ditanya terkait harga kebutuhan pokok di pasar jelang natal dan tahun baru. Rihard mengaku, saat ini harga kebutuhan pokok masih normal, belum ada kenaikan. Naun dia meyakini kemungkinan trend kenaikan itu seminggu jelang natal, karena hal ini merupakan siklus tahunan setiap jelang hari besar agama.

Diprediksi, kemungkinan yang akan mengalami kenaikan yakni, seperti daging sapi, daging ayam dan telur. Selain itu yakni cabe, bawang putih dan bawang merah serta ikan. (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru