Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Barito Utara Gelar Apel 'Pasukan Operasi Lilin 2016'

  • Oleh Agus Sidik
  • 23 Desember 2016 - 06:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Polres Barito Utara (Barut) melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2016, Kamis (22/12) di halaman Mapolres setempat. Dalam apel gelar pasukan tersebut dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017.

Kapolres AKBP Roy HM Sihombing selaku inspektur upacara mengatakan dalam Operasi Lilin ini, pihaknya akan menurunkan puluhan personil bersama petugas gabungan lainnya seperti dari Dishubkominfo, POM TNI AD, Satpol PP dan Dinas Kesehatan setempat.

Aparat keamanan dan petugas lainnya ini ditempatkan di beberapa titik yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas seiring meningkatnya intensitas kegiatan masyarakat pada kegiatan ibadah di gereja-gereja, perayaan Tahun Baru dan tempat lainnya.

'Apel yang dilaksanakan ini sebagai pengecekan akhir kesiapan kita dalam melaksanakan operasi pengamanan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, baik dari aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta kleteriban unsur tekait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya,' kata Kapolres Barito Utara AKBP Roy HM Sihombing  membacakan amatan Kapolri Jenderal M Tito Karnavian.

Ia mengatakan, perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan momen berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia. Karena itu diprediksi akan terjadi mobilisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya serta munculnya titik konsentrasi massa di tempat tertentu, seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara, terminal dan tempat-tempat lainnya.

Ia mengatakan, peningkatan aktifitas masyarakat ini harus diantisipasi dengan baik oleh aparat keamanan. Untuk itu Polri menggelar Operasi Lilin 2016 yang berlangsung selama 10 hari  sejak 23 Desember 2016 sampai dengan 1 Januari 2017. Operasi ini dilakukan dengan mengedepankan tindakan preventif yang didukung kegiatan intelejen serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

'Saya berharap, pelaksanaan Operasi Lilin 2016 dapat berjalan baik dan lancar, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak nyata dari pelayanan yang diberikan. Oleh karenanya, seluruh personel pengamanan agar bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat,' katanya.

Dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2016 ini, Polres Barito Utara menyiapkan empat pos, satu pos pengamanan dan tiga pos pelayanan. Untuk pos pengamanan berada di Bundaran Buah di Jalan A Yani Muara Teweh, dan pos pelayanan berada di bundaran simpang tiga dermaga menuju jembatan KH Hasan Basri dan Pasar Barito Permai Jalan Sengaji Hulu dan di Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru. (AGUS SIDIK/m)

Berita Terbaru