Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Karet di Barito Timur Terus Naik

  • Oleh M. Habibullah
  • 04 Januari 2017 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, TAMIANG LAYANG - Harga karet yang mulai merangkak naik sekitar Rp2.000 per kilo gram sejak Desember 2016 membuat petani di Kabupaten Barito Timur senang. Kini harga karet terus merak naik hingga mencapai Rp9500 per kilo. Para petani pun makin semangat untuk menyadap karet.

Ahmad, watga Kecamatan Dusun Timur mengatakan harga getah oleh pengepul dihargai Rp9 ribu hingga rp 9.500 per kg sesuai kandungan kadar air di dalam getah. 'Alhamdulillah bisa menafkahi anak dan siteri lagi,' kata Ahmad kepada Palangka Post group Borneonews.co.id, Selasa (3/1/2017).

Walau hasilnya menyadap dibagi tiga dengan ketentuan dua bagian untuk pemilik kebun dan sisanya untuknya, dengan hasil karet mencapai 15 kg per hari membuatnya bersemangat untuk menyadap getah.

Terpisah, Bupati Bartim Ampera AY Mebas mengharapkan hasil penjualan karet yang mengalami peningkatan hendaknya tidak untuk berfoya-foya, terlebih lagi bukan untuk keperluan rumah tangga. "Bisa saja ditabung untuk keperluan yang lebih penting atau dijadikan modal usaha untuk menambah penghasilan,' ungkapnya. (PP/Habibullah/B-6)

Berita Terbaru