Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Buat strategi Pengelolaan HTR

  • Oleh James Donny
  • 19 Januari 2017 - 19:39 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau-Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mulai menyusun strategi terkait dengan pengelolaan hutan rakyat di Kabupaten Pulang Pisau. "Izin sudah ada untuk masyarakat di Desa Buntoi dan Desa Gandang Barat dan tahapan-tahapannya mereka akan membuat rencana kerja," kata Direktur Bina Usaha Perhutanan Sosial dan Hutan Adat Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Hargyono, saat berada di Pulang Pisau, Kamis  (19/1/2017).

"Ini mulai dipikirkan bahwa menanam membutuhkan dana besar, dan dengan bupati kita sedang membuat skema supaya masyarakat bisa menanam dan melakukan kerjasama dengan industri," katanya.

Dia mengatakan bahwa hingga saat ini untuk skema tersebut karena masih dalam penyusunan sehingga belum bisa untuk publis. "Mohon maaf belum final dan belum bisa dibicarakan skemanya seperti apa," kata Hargyono.

Hubungan antara petani dengan industri menjadi hal yang menjadi pemikiran, bagaimana nantinya dapat melakukan kerja sama. "Ini harus kita atur dulu dan sedang dalam proses, nanti kalau sudah selesai proses tersebut akan disampaikan bupati nantinya," ujarnya.

Dari sisi teknis dia mengungkapkan bahwa kehutanan harus menanam pada saat musim hujan. "Sekarang musim hujan tapi rencana kerja harus disiapkan dan kita genjot supaya skema hubungan antara indurtui dengan petani HTR bisa berjalan," katanya.

Dia mengatakan juga ada badan layanan usaha yang dapat memberikan pinjaman kepada masyarakat. "Tentunya ada syarat-syaratnya karena ini uang negara dan kami menjajaki ini bagaimana supaya syarat-syaratnya bisa terpenuhi," terang dia. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru