Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penambang Liar di Sekonyer Membuat Permukiman Baru

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 01 Februari 2017 - 17:07 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Penambang liar di Sungai Sekonyer, sekitar kawasan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) membangun pemukiman baru untuk waktu yang agak lama.

Pemukiman para penambang tersebut selanjutnya menjadi dusun-dusun. Sehingga secara administrasi kependudukan, para penambang itu kemudian mendapat status sebagai warga Desa Sungai Sekonyer.

"Tapi karena ada operasi (penindakan), mereka pergi. Pindah bikin lagi. Begitu terus. Dulu sampai ada masjidnya segala mereka itu. Di Aspai, Kole, Natai Lengkuas, Sungai Kapuk. Pokoknya ada banyak titik. Tapi ada yang bertahan dan jadi dusun. Dusun Danau Rasau namanya. Di desa ini ada dua RT. RT 1 di sini (pemukiman desa) dan RT 2 di Dusun Sungai Rasau sana," kata Sekretaris Desa Sungai Sekonyer, Taufik, Selasa (31/1/2017).

Menurut Taufik, penambang yang masih beraktivitas di Sungai Sekonyer saat ini sulit dipastikan jumlahnya. Namun, dari hasil pendataan penduduk untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sungai Sekonyer 2016 lalu, dipastikan jumlah penduduk di Dusun Danau Rasau, kurang lebih 100 jiwa.

Kendati telah terdata, jumlah penduduk di dusun itu berpotensi mengalami perubahan. Bertambah maupun berkurang. Sebab dusun dimaksud, pada dasarnya adalah pemukiman para penambang liar Sungai Sekonyer. (RADEN ARIYO/B-2)

Berita Terbaru