Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Karhutla Petani Diberikan Kompensasi 500 Hektare Cetak Sawah

  • Oleh James Donny
  • 06 Februari 2017 - 18:17 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Riyanto untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun ini, petani di Kabupaten Pulang Pisau diberikan kompensasi cetak sawah seluas 500 hektare.

"Ini menjadi solusi untuk antisipasi agar masyarakat tidak lagi (bertani dengan) membakar," kata Slamet.

Ia melanjutkan dengan adanya perluasan cetak sawah tersebut maka luas tanam akan bertambah. Kondisi itu diharapkan berbanding lurus denganp peningkatan roduksi pertanian.

Menurut Slamet, sebelumnya sudah dilakukan verifikasi mengenai kemampuan petani untuk mengelola sawah. Selain itu, izin lingkungan untuk pembukaan lahan tersebut juga sudah ada. "Harapan kita itu semua bisa berjalan dengan baik," katanya.

Lahan seluas 500 hektare itu, lanjut dia, merupakan lahan yang cukup luas dan masih bekerja sama dengan TNI dalam pengerjaannya. "Untuk lokasi perluasan lahan cetak sawah tersebut kata dia masih dilaksanakan di wilayah Kecamatan Pandih Batu dan Kecamatan Maliku. Hingga saat ini terkait hal tersebut masih digodok dan masih dalam verifikasi," pungkas dia. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru