Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebagian Besar Petani Keramba di Kasongan Ogah Budidaya Ikan Emas, Ada Apa

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Februari 2017 - 22:22 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebagian besar petani/pemilik budidaya keramba ikan di Kasongan dan sekitarnya ogah membudidayakan ikan emas.

Pasalnya, ikan yang memiliki citarasa enak dan gurih ini tidak tahan dengan kondisi air yang keruh, dan juga kondisi air yang sering berubah.

Hal ini diakui Yani, salah seorang pemilik keramba ikan di Kampung Banjar Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir, Minggu (12/2/2017).

"Dulu dari lima keramba kadang dua keramba untuk ikan emas dan tiga lainnya nila. Tapi sudah dua tahun ini kami tidak pelihara ikan jenis emas lagi, sebab ikan emas tidak tahan terhadap kondisi air yang keruh," sebut Yani.

Meski demikian, masih ada teman seprofesinya yang sampai saat ini membudidayakan ikan emas itu. Namun, kata bapak tiga anak ini penanganan budidaya emas cukup rumit. Jika tidak maka ikan akan mati.

"Masih ada juga yang pelihara emas itu, tapi jumlahnya tidak banyak sebab perawatannya membutuhkan biaya lulayan salah satunya harus dipasangi oksigen di dalam keramba," katanya.

Yani mengaku paling banyak pemilik keramba di Kampung Banjar ini adalah pembudidaya ikan jenis nila. "Kalau emas jarang, apalagi patin," imbuhnya.(ABDUL GOFUR/B-8).

Berita Terbaru