Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penderita HIV/AIDS di Kotim Didominasi Usia Produktif

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Februari 2017 - 20:14 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kebanyakan mereka yang sudah memasuki usia produktif.

'Sepanjang tahun 2016 ada 54 kasus masyarakat yang terinfeksi virus HIV/AIDS. Rrata-rata didominasi usia produktif,' ujar Sekretaris KPA Kotim, Asyikin Arpan, Selasa (14/2/2017).

Dari 54 orang tersebut, sebanyak 85% nya berusia sekitar 25 - 35 tahun baik itu penderita dari kalangan pria atau wanita. Kemudian dari 54 orang penderita, sembilan di antaranya adalah wanita yang berstatus ibu rumah tangga (IRT).

Banyak IRT yang terjangkit virus tersebut berasal dari suami mereka. Penyebabnya, prilaku seks bebas yang dilakukan suami sehingga berdampak pada isteri. Bahkan, rawan menular kepada keturunan mereka.

Tidak hanya itu, maraknya prostitusi di daerah menjadi salah satu tingginya penyebaran HIV/AIDS. Apalagi banyak dari mereka yang terkadang melakukan hubungan tanpa pengaman. 

'Yang pasti kita harus menjaga diri kita sendiri dan juga keluaga kita. Jangan berganti-ganti pasangan, karena itu rentan terkena HIV/AIDS," tegas Asyikin Arpan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru