Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awas, Arsip Hilang Aset Melayang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 Februari 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kotawaringin Barat (DPK Kobar) menggelar Kampanye Sadar Arsip. Kampanye tersebut dianggap penting, karena selama ini masih ada paradigma yang menyepelekan arsip di berbagai instansi.

Sekretaris DPK Kobar Safwan menjelaskan, dalam kondisi tertentu fungsi arsip sagat diperlukan. "Misalnya bila suatu saat instansi tersebut memiliki masalah yang berhubungan dengan hukum, barulah arsip tersebut sangat diperlukan sebagai barang bukti. Bila tidak dikelola berdasakan pengategorian yang baik dan benar, dijamin para staf akan kelabakan untuk mencari arsip yang dimaksud," jelas Safwan.

Terlebih bila arsip yang dicari ternyata telah hilang dan tidak ada salinan resminya. "Bisa dipastikan instansi tersebut bakal kalah dalam berperkara di pengadilan," jelasnya.

Hal tersebut merupakan contoh-contoh kasus permasalahan kearsipan yang disampaikan dalam Kampanye Sadar Arsip. "Arsip hilang Aset melayang, merupakan salah satu tagline yang kita sampaikan untuk mengingatkan bahayanya bila arsip yang tidak dikelola dengan baik dan benar," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru