Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Upayakan Peningkatan Produksi Padi

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Februari 2017 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara terus berupaya meningkatkan produksi padi. Salah satunya adalah membantu petani, sehingga lebih semangat menggarap lahan untuk mengembangkan padi.

'Dari tahun lalu kita sudah memberikan banyak bantuan kepada petani, Baik itu berupa racun maupun bibit tanaman,' kata pelaksana tugas (plt) Kepala DKPP Sukamara, Suratman. Jumat (17/2/2017).

Menurutnya, untuk merubah kebiasaan petani dalam cara mengolah lahan saat ini memang masih menjadi kedala, sebab perlu adanya penyesuaian petani secara bertahap. 

'Setelah adanya larangan membakar lahan, kita langsung mengubah sistem cara tanam petani. Mereka masih perlu penyesuaian untuk penerapannya," kata Suratman.

Dalam kesempatan itu, dia meminta petani tetap semangat menggarap lahan tanpa harus membakar. Pemahaman petani penting karena jika aturan larangan bakar lahan tak dipatuhi, konsekuensinya adalah berhadapan dengan hukum.

'Petani kita memang harus mengubah cara lama ke yang dianjurkan. Ini akan menjadikan petani di Sukamara lebih mandiri," jelas dia. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru