Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukamara Tunggu Penyerahan Pengelolaan Transmigrasi Pulau Nibung

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Februari 2017 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara saat ini masih menunggu proses penyerahan pengelolaan Unit Pemukiman Transmigrasi Desa Pulau Nibung, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara dari Pemerintah Pusat mengingat keberadaan mereka di wilayah tersebut sudah berjalan selama 5 tahun.

'Tahun ini memang penyerahan untuk pengelolaan transmigrasi Desa Pulau Nibung sudah bisa dilakukan, sebab setelah 5 tahun berjalan maka wilayah transmigrasi akan menjadi wewenang daerah untuk mengembangkannya,' kata Kepala Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertans) Sukamara, Sutikno, Jumat (17/2/2017).

Menurutnya, dengan diserahkannya kewenangan pengelolaan wilayah transmigrasi oleh pusat maka akan mempermudah pihaknya melaksanakan membangun dan mengembangkan program yang sudah berjalan selama ini.

'Selama ini program yang diterima warga transmigrasi Desa Pulau Nibung lebih banyak dari pusat sebab kewenangan memang masih dari sana. Apabila sudah diserahkan kepada daerah maka kita siap memprogramkan pengembangan dan pembangunan di wilayah transmigrasi,' ujar Sutikno.

Proses penyerahan pengelolaan tersebut hanya menunggu dari ditjen karena setelah berjalan 5 tahun secara langsung sudah bisa diserahkan kepada pemerintah daerah setempat.

'Penyerahan kewenangan ini sebagai bentuk legalitas dan dasar bagi pemerintah daerah untuk memprogramkan pembangunan wilayah transmigrasi itu,' ucap Sutikno. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru