Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Sakit Pratama Banama Tingang Akan Berdiri di Tanah Hibah

  • Oleh James Donny
  • 24 Februari 2017 - 21:14 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Rumah sakit pratama yang rencananya akan dibangun di Kecamatan Banama Tingang, akan berdiri di tanah hibah dari masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau Muliyanto Budihardjo mengatakan saat ini laha seluas dua hektare yang disumbangkan masyarakat sudah disertifikatkan oleh Pemkab Pulang Pisau. Bahkan ada empat hektare lagi yang akan disumbangkan untuk memenuhi syarat pembangunan melalui anggaran pemerintah pusat tersebut.

"Kita juga berterima kasih kepada masyarakat kita yang sudah menghibahkan tanahnya, dan menurut saya tidak gampang menyerahkan tanah begitu luas," kata Muliyanto saat ditemui Borneonews di kantornya, Jumat (24/2/2017).

Ia mengaku optimistis pemerintah pusat akan segera melaksanakan pembangunan tersebut. "Dari pusat bersedia membangun dan membantu alat sedangkan pemerintah menyediakan SDM-nya," ujar Muliyanto.

Menurut Muliyanto, keberadaan rumah sakit yang disejajarkan dengan rumah sakit tipe D in sangat penting untuk mengantisipasi banyak pasien yang dirujuk dengan adanya kartu BPJS.

'Dengan adanya kartu BPJS ini, orang lebih sadar untuk berobat, dan ini kita antisipasi diantaranya dengan mendirikan rumah sakit pratama di kecamatan banama tingang,' katanya.

Ia menjelaskan lokasi rumah sakit pratama di kecamatan Banama Tingang tersebut cukup memadai dan bisa juga meng-cover masyarakat yang ada di daerah sekitarnya. Bahkan sampai Kabupaten Gunung Mas dan Kapuas.

'Artinya dengan adanya rumah sakit ini, pasien tidak perlu jauh lagi untuk mendatangi rumah sakit Palangka Raya, karena sudah ada rumah sakit terdekat,' terangnya. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru