Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAD Kalteng Tolak Pernikahan Ghaib Mengatasnamakan Dayak

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 25 Februari 2017 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng menolak pernikahan gaib yang mengatasnamakan adat Dayak antara Panglima Burung dan Sri Baruno Jagat Parameswari yang menyebut berasal dari Gunung Merapi Jawa Tengah. Penolakan dilakukan dalam pernyataan resmi induk organisasi adat tersebut, Sabtu (25/2/2017).

"Perkawinan tersebut tidak diakui, tidak direstui, dan tidak direkomendasikan serta ditolak oleh DAD Kalteng," tegas Lukas Tingkes, Ketua Harian Eksternal yang juga penandatangan pernyataan sikap resmi tersebut.

Selain butir pertama itu, ada tiga butir lainnya dalam pernyataan resmi dalam surat bernomor 19/DAD-KTG/PS/II/2017. Butir kedua, DAD Kalteng menyatakan perkawinan tersebut tidak sesuai dengan adat leluhur Dayak Kalteng.

Butir ketiga berisi imbauan. Yakni DAD Kalteng berharap seluruh masyarakat adat Dayak Kalteng tidak terpengaruh dengan isu dan publikasi yang menyesatkan. "Sehingga melecehkan dan merendahkan harkat dan martabat serta adat leluhur Dayak Kalteng," tambahnya.

Tidak hanya itu saja, DAD Kalteng juga lebih keras dalam butir keempat. DAD meminta aparat keamanan negara atau penegak hukum di wilayah Kalteng mengusut tuntas dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap isu tersebut yang memiliki maksud memecah belah masyarakat adat Dayak Kalteng.

"Penyataan yang dibuat pada hari ini, Sabtu, dibuat agar menjadi perhatian seluruh masyarakat adat Dayak di Provinsi Kalteng ini," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, rencana pernikahan ghaib di Desa Telok Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan akan dilangsungkan pada Selasa (28/2/2017) nanti. Sesuai undangan yang tersebar, pernikahan antara dua penghuni alam berbeda ini dilakukan pukul 08.00 WIB hingga selesai, bertempat di rumah Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah, Isay Judae. (ROZIQIN/B-2)

Berita Terbaru