Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Kobar mulai Kembangkan Tanaman Kubis

  • 28 Februari 2017 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kebutuhan kubis di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus meningkat. Setiap minggu konsumsi sayuran kubis mencapai puluhan ton, karena belum banyak petani lokal yang memberdayakannya. Sebagian besar sayuran ini berasal dari luar daerah.

Melihat peluang pertanian yang cukup menjajikan, salah satu petani sayur asal Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Hery (42) berniat melakukan uji coba tanaman sayuran jenis kubis di lahan pertanian miliknya.

"Kami akan tanam kubis dengan luas setengah hektare dulu. Jika berhasil maka akan kami tingkatkan," ujar Hery, Selasa (28/2/2017).

Kubis yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama sayur 'kol', saat ini harganya sudah mencapai Rp12 ribu per kilogram. Meski bisa dibilang cukup tinggi, antusias pembeli pun semakin meningkat melihat sayuran ini kaya vitamin.

Melihat keseriusan para petani sayuran di wilayahnya dalam mengembangkan jenis tanamannya, Hery berharap kepada Pemerintah Kabupaten setempat agar bisa memberikan perhatian kepada mereka.

"Kami selalu berharap agar para petani sayur mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Bukan tak mungkin, jika Kubis ini bisa menjadi ikon Kobar," tandasnya.(FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru