Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Ini Menilai Musrenbang yang Berlaku Masih Pola Lama, Kenapa

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 Maret 2017 - 20:04 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pola Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten, yang kini masih berlaku, dinilai masih cenderung menggunakan pola lama.

Hal tersebut seperti diungkapkan Camat Lamandau, Immanuel, kepada Borneonews, Sabtu (4/3/2017). Camat yang pernah menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Lamandau, itu menyebut, pola lama yang dimaksud yakni dalam menentukan program kerja, baik pemerintah desa, pemerintah kecamatan, senantiasa terus dituntut untuk menentukan prioritas di tiap tahunnya.

"Akan tetapi, program prioritas yang diajukan baik oleh pemerintah desa maupun kecamatan tersebut tidak secara otomatis dapat dilaksanakan, pasalnya anggaran untuk program yang diajukan bisa saja belum tentu tersedia," katanya.

Ia berharap, untuk kedepannya pemkab Lamandau dapat mencoba pola baru, sehingga Musrenbang yang digelar tiap tahun tidak terkesan formalitas. "Saya hanya berharap agar pola Musrenbang kedepan dapat diperbaiki, karena masyarakat kita sekarang sudah cerdas, sudah paham mana yang sungguh-sungguh mana yang formalitas, sehingga musrenbang yang selalu kita laksanakan tidak terkesan formalitas (seiring tidak ter-covernya program)," katanya.

Selebihnya, Immanuel juga menilai bahwa usulan program kerja saat musrenbang tidak harus banyak, tetapi harus benar-benar ada jaminan diakomodir, misalnya dengan penerapan pola pagu indikatif kewilayahan. (HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru