Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya atau Palangkaraya Ikuti Apa Kata Warga Asli

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Maret 2017 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hingga saat ini, masih terjadi perdebatan soal nama ibu kota Kalteng. Apakah Palangka Raya atau Palangkaraya Dipisah ataukah disambung Perdebatan ini bahkan sampai ranah media massa, mana yang benar penulisan untuk nama Kota Cantik ini

Menurut Penyuluh Bahasa, Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Basori menyarankan untuk mengikuti apa kata warga asli. "Tahun 2002 waktu saya baru sampai ke sini, frasa Palangka Raya masih dirangkai. Setelah ada surat edaran akhirnya frasa Palangka Raya dipisah. Kenapa Karena begitulah permintaan mayoritas warga Dayak. Ini identitas diri sehingga yang harus dilakukan adalah mengikuti apa yang diingini sang pemilik diri, dalam hal ini pemilik daerah," ungkap Basori saat menjadi pembicara dalam kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Awak Media se-Provinsi Kalimantan Tengah di Hotel Fovere Palangka Raya,Kamis (9/3/2017).

Identitas diri, kata dia, dapat dianalogikan sebagai nama seseorang yang diberikan oleh orang tuanya. Bagaimanapun bentuk dan sususannya, orang lain tidak berhak untuk mengubahnya atau mengejeknya.

"Raya itu sebenarnya kata sifat yang menunjukkan kebesaran atau kota besar jadi harusnya dipisah. Namun karena ini nama diri, kita tidak berhak untuk mengubahnya dengan alasan apapun termasuk alasan struktur bahasa," pungkasnya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru