Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Kenapa Petani Kotim Setia Pada Varietas Siam Epang

  • Oleh Noor Annisa
  • 12 Maret 2017 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Selama ini kita mengenal beras varietas lokal yang diberi nama siam epang. Ternyata para petani Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) punya alasan kenapa terus menanam padi jenis tersebut.

"Siam epang merupakan padi yang tangguh, tahan di segala musim. Begitu juga dengan hama dan penyakit," jelas Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kotim, Rintar MP Siahaan, Minggu (12/3/2017).

Meski dinas terkait menurutnya sudah berulang kali membantu pengadaan bibit unggul, tetap saja petani lebih memilih menanam siam epang. Menurut Rintar, siam epang sudah turun-temurun dikembangkan para petani. Hal ini karena siam epang sesuai dengan keadaan tanah dan musim di Kotim.

"Megubah pola pikir petani itu tidak mudah dan kebanyakan petani itu takut gagal. Makanya memilih yang pasti saja," ujar Rintar.

Ditambahkannya, menanam bibit unggul di dearah Kotim memang perlu penanganan lebih, dirawat dan dipupuk dengan aturan yang pas. Namun, bibit unggul memiliki umur yang pendek dengan masa panen yang cepat akan membantu petani untuk panen dua sampai 3 kali dalam setahun. (NOOR ANNISA/B-10).

Berita Terbaru